3 (TIGA) CARA MEMPERBANYA PENYEMAIAN TANAMAN CEPOKAK,RIMBANG,TAKOKA ATAU TAUNCA


Halaman ini memuat tentang tiga cara memperbanyak tanaman cepokak,rimbang,takoka,atau taunca cara yaitu

1. Denagn biji
Beji yang sudah tua diambil dari pohon yang sudah berwarna hitam menandakan sudah tua. Disiapkan saringan untuk menyaring, biji dipescah mengunakan tank supaya bijinya kelur,lalu disiram menggunakan air dan diremas-remas supaya biji dan kulitnya bisa terlepas dari kulit. Kulit dibuang tingalah biji direndam kedalam air supaya biji yang terapung dibuang tinggalah biji yang bagus. Lalu dijemur supaya kering dan disebar ketempat penyemaian lebih mudah.
Buat penyemaian seperti menyemai cabi,tomat atau terong. Setelah jadi penyemaian bibit ditaburkan kepenyemaian dan ditutup tanah tipis disiram lalu ditutup dengan pelepah kelapa atau  yang lain supaya lembab, tunggu 5 hari insaallah biji mulai tumbuh tunggu satu bulan bisa dipindah kelahan yang akan ditanami

2. Dengan batang
Batang yang sudah tua dipotong-potong kurang lebih 10 cente meter,siapkan polibek yang sudah diisi tanah dengan sekam ,batang yang sudah dipotong-potong ditancapkan kepolibek yang telah disiapkan,tunggu sampai 15 hari sampai 30 hari mudah-mudahan batang cepokak sudah tumbuh dan berakar,atau langsung ditanam dilahan tapi cukup rawan mati.

3. Dengan akar
Akar cepokak diambil dari batang yang sudah tua atau besar,pohon cepokak dicabut diambil akarnya akar tersebut dipotong- potong kurang lebinya  5 - 7 cm .Siapkan polibek yang telah diisi sekam yang sudah lapuk dan dicampur pupuk kandang, akar cepokak tanam atau tancapkan ke polibek tersebut tunggu 15 hari - 30 hari insaallah akar cepokak tersebut akan tunas dan berakar,tunggu sampai 1,5 bulan akar tersebut siap ditanam di tempat yang telah di siapkan.

Manfaat Cepokak atau Rimbang
1. Dapat ditomis untuk sayuran dicampur dengan ikan teri dan tempe
2. Yang muda bisa untuk lalapan
3. Bisa untuk mencegah penyakit mata
4. Mempelancar peredaran darah
5. Bisa untuk pengobatan herbal dan banyak lagi manfaat cepokak

Jual bibit cepokak hubungi.pak akhmad sutrisno

Comments

Popular posts from this blog

BANK SOALKELAS 6 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEMESTER SATU

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 6 UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL