CIRI-CIRI BENDA TAK HIDUP

Halaman ini memuat tentang ciri-ciri benda tak hidub
 Benda tak hidup merupakan substansi yang tidak menjalankan proses kehidupan. Ciri-ciri benda tak hidup tentunya berlawanan dengan ciri-ciri makhluk hidup seperti yang telah di kemukakan sebelumnya. Ciri-ciri benda tak hidup, di antaranya sebagai beriku.

1. Tidak dapat bergerak
  Benda tak hidup tidak dapat bergerak, kecuali jika ada pengaruh di luar. Contohnya batu bergerak karena didorong atau dilempar.

2. Tidak mengadakan metabolisme
  Benda tak hidup tidak memerlukan nutrisi serta tidak melakukan kegiatan respirasi, sintesis, dan ekskeresi.

3. Tidak melakukan reproduksi
  Benda tak hidup tidak melakukan usaha untuk mempertahankan keberadaannya (eksistensinya). Jadi, benda mati tidak melakukan kegiatan regulasi, reproduksi, adaptasi, dan evolusi.

4. Tidak ada tanggapan terhadap rangsang.
  Benda takhidup tidak mempunyai tanggapan terhadap rangsang yang diterimanya. Jadi, benda tak hidup akan diam saja, meskipun mendapat rangsang bertubi-tubi dari luar.

  Dengan memahami ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup seperti diuraikan tersebut, kita dapat membedakan antara makhluk hidup dan banda tak hidup dengan mudah. Kita dapat menyebut bahwa batu benda tak hidup, sedangkan kucing adalah makhluk hidup. Mengapa kita dapat menyatakan bahwa batu adalah banda tak hidup dan kucing adalah makhluk hidup? Hal ini tentu berdasarkan ciri-ciri yang dapat digunakan untuk membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup.

  Sifat-safat umum yang dapat dipakai untuk membedakan antara makhluk hidup dan benda mati adalah sebagai berikut.

1. Bentuk dan ukuran
  Makhluk hidup mempunyai bentuk dan ukuran tertentu, sedangkan benda tak hidup tidak. Contohnya batu ada yang besar butiran pasir, tetapi ada juga yang besar gunung, sedangkan kucing mempunyai bentuk dan ukuran tertentu.

2. Organisasi
  Setiap makhluk hidup terdiri atas sel-sel. Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan, sedangkan sekumpulan jaringan akan membentuk organ. Sekumpulan organ-organ akan membentuk sistem organ. Sekumpulan sistem organ akan membentuk makhluk hidup (organisme). Sementara itu, benda tak hidup terdiri atas unsur pokok penyusunnya.

3. Komposisi kimia
  Makhluk hidup memiliki komposisi kimia tertentu, yaitu terdiri atas unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), belerang atau sulfa (S), fosforus (P), dan sedikit mineral. Sementara itu, benda tak hidup memiliki komposisi kimia tak tertentu.

4. Metabolisme
  Pada makhluk hidup terjadi pengambilan dan penggunaan makanan atau nutrisi, pernapasan (respirasi), sekresi, dan ekskresi. sementara itu, benda tak hidup mengalami hal-hal tersebut.

5. Iritabilitas
  Makhluk dapat memberikan reaksi terhadap adanya perubahan di sekitarnya, misalnya cahaya, gesekan, kelembapan, dan suhu. Sementara itu, benda tak hidup tidak memberikan reaksi.

6. Reproduksi
  Pada makhluk hidup terdapat kemampuan untuk membuat makhluk hidup itu menjadi banyak sehingga kelestarian jenisnya terjamin. Sementara itu, benda tak hidup tidak memiliki kemampuan tersebut.

7. Tumbuh dan mempunyai daur hidup
  Setiap makhluk hidup mempunyai proses tumbuhan dan berkembang serta daur hidup yang terdiri atas proses kelahiran, tumbuh, dewasa, dan mati. Sementara itu, benda tak hidup tidak mengalami semua proses tersebut.

  Sifat-sifat tersebut merupakan perbedaan ciri antara makhluk hidup dan benda tak hidup yang kita amati, bukan kriteria untuk menetapkan apakah sesuatu itu makhluk hidup atau benda tak hidup.

Comments

Popular posts from this blog

BANK SOALKELAS 6 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEMESTER SATU

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 6 UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL