CIRI KHUSUS PADA TUMBUHAN

Halaman ini memuat tentang ciri khusu pada tumbuhan
Tiap tumbuhan mempunyai ciri khusus. ciri khusus itu dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya., misalnya air dan tanah kering

1. Ciri Khusus tumbuhan Air

Misalnya teratai, eceng gondok, dan keladi. Teratai dan eceng gondok hidup di dalam air, sedangkan keladi hidup di tempat yang basah.

Bagaimana ciri khusus tumbuhan air? Bagaimanakah bentuk akar, batang, dan daunnya? Tumbuhan air memiliki ciri sebagai berikut.

a. Teratai

Teratai termasuk tumbuhan yang hidup di air atau hidrofit. Teratai terapung di air tawar, antara lain kolam, danau, dan empang. Akar teratai panjang dan tertambat di dasar perairan. Akibatnya, teratai tidak mudah terbawa arus air. Batang teratai berongga yang berguna untuk menyimpan udara. Daun teratai lebar, tipis, dan terletak dipermukaan air. Bentuk daun seperti itu berguna untuk memenuhi kebutuhan udara dan cahaya matahari serta memperbanyak penguapan. Itulah sebabnya, Teratai tidak membusuk walaupun hidup di air.

b. Eceng Gondok

Eceng gondok juga termasuk hidrofit. Tumbuhan ini mempunyai batang yang menggelembung serta daun lebar dan tipis. Gelembung itu berisi udara sehingga eceng gondok dapat terapung di perairan. Daun lebar dan tipis memperbanyak penguapan melalui daun. daun eceng gondok ada di permukaan air. Akar eceng gondok tidak tertambat di dasar air. Akibatnya, eceng gondok terapung di air dan ikut terbawa arus air.

Bagaimanakah dengan keladi? Keladi tumbuh di tanah lembab atau basah. Bagaimana bentuk akar batang, dan daunnya? Apakah sesuai dengan tempat hidupnya?

2. Ciri Khusus Tumbuhan di Tanah Kering

Tumbuhan yang hidup ditanah kering memiliki daun tebal, sempit, dan berlapis lilin. Bentuk daun seperti itu bertujuan untuk menghemat pengeluaran air. Penghematan itu terjadi karena penguapan melalui daun terhambat. Pada umumnya, tumbuhan yang hidup di tanah kering memiliki batang tebal. Batang itu memiliki sebagai tempat menyimpan cadangan air. Selain itu, tumbuhan jenis ini berakar panjang sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang jauh. Contoh tumbuhan yang hidup di tanah kering adalah Kaktus.

3. Ciri khusus tumbuhan pemakan serangga

Adakah tumbuhan yang hidup di tanah tidak subur? Tanah tidak subur kandungan nitrogennya sangat kurang. Nitrogen adalah salah satu zat yang dibutuhkan tumbuhan. Contoh tumbuhan yang hidup di tanah tidak subur adalah kantong semar dan tumbuhan kejora (venus). Kedua tumbuhan itu termasuk tumbuhan pemakan serangga. Kantong semar menjebak serangga atau hewan kecil lainnya untuk memperoleh nitrogen. Bagaimana caranya katonng semar menjebak serangga?

Daun kantong semar berbentuk seperti guci. Permukaan bagian dalam daun itu mengandung nektar. Nektar inilah yang dapat menarik perhatian serangga. Selain nektar, pada bagian dalam kantong semar juga terdapat lapisan lilin. Akibatnya permukaan itu menjadi licin. dengan demikian, serangga yang hinggap akan terpeleset dan terperangkap di dalam.

Serangga yang terperangkap akan jatuh masuk ke dalam cairan daun. Cairan berguna untuk menghancurkan serangga sehingga nitrogennya dapat diserap.

Bagaimana dengan tumbuhan kejora (venus)? Tumbuhan ini mempunyai engselnpada daunnya. Jika ada serangga yang terperangkap, daun itu akan mengatup dan menjepitnya.

Comments

Popular posts from this blog

BANK SOALKELAS 6 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEMESTER SATU

BANK SOAL MATEMATIKA KELAS 6 UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL